Tempat wisata Di Pangandaran

Pangandaran merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang ada di daerah Jawa Barat. Pesona alam Pangandaran sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun asing. Kebanyakan tempat wisata di Pangandaran memang berupa objek wisata alam yang menyuguhkan panorama dari bentukan alam yang indah. Oleh sebab itu, pada artikel kali ini, khusus menghadirkan rangkuman mengenai 4 objek wisata alam paling diminati di Pangandaran.
 
Green Canyon
Ketika anda mendengar kata Green canyon tentu pikiran anda akan tertuju pada sebuah tempat wisata yang ada di Amerika yaitu Grand Canyon. Memang namanya agak mirip, namun objek wisata Green Canyon tidak berada di luar negeri melainkan ada di Indonesia, tepatnya di daerah Ciamis. Pada awalnya, objek wisata ini bernama Cukang Taneuh namun pada sekitar tahun 1993 adaseorang perancis yang berkunjung ke objek wisata ini kemudian menyebutnya sebagai Green Canyon setelah melihat banyaknya lumut hijau yang ada di lokasi wisata tersebut. Sejak saat itu, kawasan wisata ini lebih dikenal sebagai Green canyon
Tempat Wisata di Pangandaran yang Eksotis
Untuk sampai ke objek wisata Green Canyon, anda harus menaiki perahu yang disebut “ketinting” yang dapat anda sewa ketika tiba di sekitar pintu masuk kawasan ini. Biaya sewayang dikenakan untuk satu orang adalah Rp.75.000. Ketinting akan mengantarkan anda menuju spot utama dari kawasan objek wisata Green Canyon dengan membelah sungai yang mengalir dengan air yang nampak kehijauan. Di sepanjang perjalanan anda dapat menyaksikan pemandangan tepi sungai yang indah. Ketika sampai di kawasan Green Canyon, anda akan dibuat terpukau oleh dua buah tebing yang menjulang dengan air jernih yang mengalir di salah satu sisinya. Eksotisme sepotong surga akan anda temukan ketika berkunjung ke objek wisata yang satu ini. Sebuah objek wisata menakjubkan yang tersembunyi dibalik rimbunnya hutan Pangandaran.

Situ Lengkong Panjalu

Situ Lengkong Panjalu adalah objek wisata di Pangandaran di mana anda dapat menemukan perpaduan antara wisata alam dan budaya. Situ Lengkong Panjalu berlokasi di kecamatan Panjalu atau sekitar 41 kilo meter kearah utara dari pusat kota Ciamis. Yang menjadi daya tarik dari objek wisata ini adalah keindahan danau yang di tengahnya terdapat sebuah pulau kecil bernama Nusa Larang.
Tempat Wisata di Pangandaran yang Eksotis
Di dalam kawasan nusa larang terdapat makam dari Rajau Panjalu yang merupakan pencetus dari dibentuknya kawasan situ Lengkong. Dinusa ini juga secara rutin diadakan sebuah upacara pemebersihan benda-benda pusaka peninggalan Raja Panjalu yang disebut dengan ritual Nyangku. Upacara ini biasanya diadakan pada setiap bulan Maulud. Selain menyaksikan ritual tersebut, kegiatan lainnya yang dapat anda lakukan di objek wisata ini diantaranya adalah camping, berperahu mengelilingi danau, memancing, atau piknik sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Batu Hiu

Objek wisata Batu Hiu terletak sekitar 15 km di sebelah selatan kota Pangandaran, tepatnya di desa Ciliang, kecamatan Parigi. Ketika menginjakan kaki di kawasan wisata ini anda akan menjumpai sebuah bukit yang terletak ditepi pantai dimana di salah satu sisinya terdapat sebuah batu yang nampak seperti ikan hiu. Keberadaan batu tersebutlah yang menjadi alasan objek wisata ini dinamakan Batu Hiu.
Tempat Wisata di Pangandaran yang Eksotis
Selain keunikan batu berbentuk ikan hiu tersebut, kawasan wisata ini juga memiliki pemandangan alam yang menakjubkan. Dari ata bukit anda dapat memandang lautan biru yang merupakan samudera Hindia. Gemuruh ombak akan menemani liburan anda di pantai ini. Selain itu, disekitar pantai banyak tumbuh pohon Pandan Wong yang menambah keindahan dari pantai ini. Momen paling berharga di pantai ini adalah sore hari dimana anda dapat menyaksikan keindahan matahari terbenam sambil bersantai di pondok-pondok kayu yang ada di sekitar bukit.

Batu Karas

Objek wisata batu karas sudah sangat terkenal sebagai surga bagi para pecinta surfing. Tiga spot yang terkenal untuk berselancar di objek wisata ini adalah Pari, Bulak Bendak, dan Karang legok. Bagi anda yang ingin mencoba berselancar namun belum memiliki keahlian, anda dapat menyewa instruktur dan peralatan selancar yang disediakan di sekitar pantai.
Tempat Wisata di Pangandaran yang Eksotis
Selain terkenal sebagai salah satu spot surfing yang ada di pangandaran. Objek wisata ini juga menawarkan keindahan pantai berpasir hitam yang tak kalah menarik dengan pantai-pantai yang ada di Bali. Berbagai aktivitas lain yang dapat anda lakukan selain berselancar di pantai ini adalah jetski, berenang, memancing, atau menikmati berbagai kuliner yang dijajakan di warung-warung yang dapat anda temukan di tepian pantai.
Itulah 4 tempat wisata di Pangandaran yang terkenal akan eksotisme alamnya. Pastikan anda meluangkan waktu untuk berkunjung ke salah satu objek wisata di atas bila memiliki kesempatan berkunjung ke Pangandaran.

About the author

Admin
Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 komentar:

Random post

Test Footer

Your Comments

Template by Clairvo Yance
Copyright © 2012 Hello world and Blogger Themes.