Tempat wisata di Cianjur, Jawa Barat

Cianjur merupakan sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Barat. Hampir sama dengan Tasikmalaya, mayoritas daerah Cianjur merupakan daerah pegunungan dan dataran tinggi. Namun disebelah selatan kabupaten Cianjur berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Dengan begitu, wajar saja bila Tempat wisata di Cianjur menjadi beragam, terutama dalam aspek wisata alam. Untuk lebih jelas mengenai tempat wisata apa saja yang ada di Cianjur, ada baiknya anda menyimak rangkuman kami berikut ini:

Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya yang satu ini terletak di daerah Cipanas. Kebun rayacibodas memiliki luas area sekitar 125 ha. Didalam kebun raya ini terdapat setidaknya 10.000 jenis tanaman yang terbagi dalam dua areal yaitu tanaman kebun dan tanaman yang ada di dalam rumah kaca. Selain itu, juga terdapat sekitar 700 koleksi biji-bijian serta 4800 koeksi herbarium yang dapat anda temukan di kebun ini. Berbagai jenis tanaman menarik seperti kaktus, Kina, berbagai tanaman obat, sampai Bunga bangkai bisa anda jumpai. Kebun Raya ini memangsangat tepat bagi anda yang menginginkan suasana berlibur dengan suasana alam yang asri dan juga edukatif.
Tempat Wisata di Cianjur Jawa Barat
Disamping berbagai tanaman yang menjadi daya tarik kebun raya ini, ada satu lagi hal menarik yang dapat anda jumpai di aeral ini. Air terjun Ci Ismun merupakan sebuah air terjun yang mengalir disalah satu sudut kawasan wisata kebun raya Cibodas. Selain air terjun, juga ada lokasi kamping yang diberi nama Mandala Kitri yang berlokasi tidak jauh dari kebun raya ini. Untuk masuk ke kawasan kebun raya Cibodas, anda akan dikenakan biaya Rp.6000 per orang.

Situs Gunung Padang

Situs Gunung Padang merupakan situs megalitikum terbesar yang ada dikawasan Asia Tenggara. Objek wisata ini berlokasi di Desa Karyamukti.  Berbeda dengan situs megalitikum lainnya yang biasanya dibangun sebagai tempat untuk menyembah dewa dan semacamnya, situs yang ada di Gunung Padang ini dibangun dengan berorientasi kepada Gunung Gede. Pola bangunan dibangun dengan sedemikian rupa sehingga kita dapat mengetahui bahwa Gunung Gede merupakan point utama dari situs Megalitikum ini.
Tempat Wisata di Cianjur Jawa Barat
Disekitar kawasan ini juga ditemukan beberapa batu yang memiliki nada tertentu bila dipukul. Beberapa peneliti telah membuktikan bahwa batu-batu tersebut memiliki nada yang serupa dengan nada f”’, g”’, a”’, dan d”’. Di sisi lain ada sebuah sumur yang disebut dengan “sumur asmara” yang dipercaya dapat membuat pasangan menjadi lebih romantis bila meminum air yang ada di dalam sumur tersebut. Jika di luar negeri terdapat Piramida, Machu pichu, maupun Stone Henge, di Indonesia kita memiliki Situs Gunung Padang yang tidak kalah menarik.

Pantai Jayanti

Pantai Jayanti merupakan sebuah pantai yang terletak di daerah Cidaun Selatan. Dari pusat kota Cianjur perjalanan menuju pantai ini akan memakan waktu sekitar 4 jam. Cukup jauh memang, namun bila anda sudah sampai ke pantai ini, rasa lelah anda akan terbayarkan, karena pemandangan pantai ini sungguh indah dengan pantai yang bersih dan lautan yang tampak membiru. Pantai ini masih terjaga kelestariannya dan belum tersentuh odernisasi. Jadi sangat cocok bagi anda yang mendambakansuasana liburanyang tenang dan damai sambil menikmati anugerah pemandangan alam yang mempesona.
Tempat Wisata di Cianjur Jawa Barat

Curug Citambur

Curug Citambur adalah sebuah objek wisata berupa air terjun yang berlokasi di desa Karang Jaya, Cianjur. Mekipun akses jalan menuju lokasi ini cukup sulit karena harus melewai gunung dan lembah namun air terjun ini memiliki potensi wisata yang menjanjikan. Tersembunyi dibalik pepohonan dan daerah pegunungan, curug Citambur menyimpan panorama alam yang eksotis. Air terjun setinggi 100 meter ini berkombinasi dengan suasana alam sejuk gunung Halimun menciptakan suasana yang nyaman dan tentram. Jika anda mencari tempat untuk menenangkan diri sambil memandang indahnya panorama alam, Curug Citambur lah tempatnya.
Tempat Wisata di Cianjur Jawa Barat

Trekking Gunung Gede

Gudung Gede maupun kawasan Taman Nasional Gede Pangrango juga merupakan objek wisata alam yang menarik dan banyak dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun internasional. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, adalah salah satu Gunung yang sangat cocok untuk para pendaki pemula. Jalur tracking yang sudah tersedia dari jalur Cibodas memudahkan para pendaki menelusuri jalur ke arah puncak. Namun, tingkat kesulitan jalurnya sangat menantang.
Tempat Wisata di Cianjur Jawa Barat
Gunung gede yang ada didalam objek wisata Taman Nasional Gede Pangrango juga merupakan salah satu lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi bila berlibur ke Cianjur. Lokasi wisata yang satu ini banyak didatangi pengunjung baik lokal maupun asing. Taman Nasional Gede Pangrango seringkali dijadikan tempat latihan bagi mereka para pendaki gunung yang masih pemula. Jalur trekking untuk mendaki gunung telah tersedia sehingga memudahkan bagi para pendaki untuk sampai ke puncak. Selain itu, ada beberapa objek wisata menarik yang dapat anda temukan dikawasan ini diantaranya adalah: Telaga Biru, Air terjun Cibeureum, Kandang Batu dan Kandang Badak, Puncak dan Kawah Gunung Gede, serta Alun-alun Suryakencana.

Kota Bunga

Sebuah areal yang dibangun bagi para wisatawan yang sudah penat dengan keadaan kota daningin merasakan kenyamanan dengan suasana pegunungan. Di lokasi ini banyak dibangun villa yang diperuntukan bagi mereka yang ingin menghabiskan waktu liburan sambil menikmati indahnya pemandangan dan suasana di Cianjur.
Tempat Wisata di Cianjur Jawa Barat
Di kawasan ini ada juga sebuah tempat menarik yang bernama “Little Venice” yang dibangun mirip dengan kota Venesia (dalam versi mini). Di little venice ini anda dapat mencoba berkeliling kota dengan menaiki kano atau kapal mini. Selain itu anda juga dapat menjumpai patung merlion seperti yang ada di Singapore. Untuk menyewa kano atau kapal anda cukup merogoh kocek Rp. 35.000 saja. selain itu, ada juga lokasi lain yang dapat anda kunjungi dimana terdapat beberapa lokasi permainan anak dan penyewaan kuda. Kota Bunga menjadi salah satu onjek wisata menarik yang dapat anda kunjungi di kota Cianjur.

Oke, kami kira cukup sekian informasi mengenai Tempat Wisata di Cianjur yang dapat kami bagikan kepada anda, semoga bermanfaat.

About the author

Admin
Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 komentar:

Random post

Test Footer

Your Comments

Template by Clairvo Yance
Copyright © 2012 Hello world and Blogger Themes.