JAMBI

Jambi merupakan sebuah kota yang memiliki tata kota yang unik, perpaduan dari perkotaan modern dengan tidak meninggalkan sisi tradisionalnya. Meskipun peradaban modern sudah berkembang di kota ini, namun masih banyak penduduk yang tinggal di rumah-rumah panggung di tepian sungai. Selain itu di Jambi juga dapat kita temukan berbagai etnis berbeda diantaranya suku Melayu, Banjar, Bugis, Jawa, Minangkabau, sampai Arab.
Untuk aspek pariwisata, tempat wisata di Jambi dapat dibilang beragam. Mulai dari wisata sejarah, wisata alam, sampai dengan wisata kuliner dan belanja. Di bawah ini adalah rekomendasi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi saat berlibur ke Jambi.

Tempat wisata di Jambi

Danau Kerinci

Bila di Sumatera Barat anda akan menemukan danau terbesar di Sumatera yaitu Danau Toba, mmaka di Jambi anda akan menjumpai danau terbesar kedua di Sumatera yaitu danau Kerinci. Danau ini terdapat tepat di kaki gunung Raja. Danau dengan luas area sekitar 5000m2 ini terletak sekitar 16km dari kota Sungai Penuh. Bila datang ke danau ini, mata anda tidak akan bosan untuk memandang hamparanair danau yang jernih dengan berlatarbelakang gunung yang berselimut kabut. Danau kerinci merupakan salah satu objek wisata di jambi yang paling direkomendasikan.

 Tempat Wisata di Jambi
Untuk sampai ke Danau ini andad apat menaiki angkutan umum dari kota Jambi yang menuju kota Sungai Penuh. Perjalanan tersebut akan memakan waktu sekitar 10jam dengan jarak tempuh sekitar 500km.

Situs Purbakala Muarojambi

Situs Purbakala Muarojambi adalah sebuah tempat wisata sejarah berupa peninggalan darizamanpurbakala yang paling luas di Indonesia. Situs ini terletak di KabupatenMuaro jambi,membentang dari desa Danau Lamo sampai ke desa Kemingking. Lokasinya sekitar 26 km dari pusat kota Jambi. Didalam kompleks seluas 250 hektar ini, terdapat 61buah candi dan beberapa bangunan kuno dengan arsitektur yang lekat dengan desain bangunan Hindu-Budha. Candi-candi yang ada diMuarojambi diperkirakan merupakan peninggalan zaman kerajaan Sriwijaya pada sekitar abad ke-11.

Tempat Wisata di Jambi

Sampai saat ini, bangunandan peninggalan-peninggalan bersejarah yang ada disitus ini masih terjaga dengan baik, dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat  telah mendaftarkan situs purbakala Muarojambi ini kepada UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia yang ada di Indonesia.

Taman Nasional Bukit Duabelas

Pulau Sumatera memang terkenal sebagai salah satu pulau yang emiliki banyak hutan rimba. Dan dapat dikatakan bahwa hutan-hutan yang ada di pulau sumatera merupakan salah satu cagar biosfer paling penting bagi negara Indonesia. Tidak hanya itu, hutan-hutan yang ada di Sumatera juga memiliki potensi wisata yang cukup baik bila terus dikembangkan.

Tempat Wisata di Jambi
Di Provinsi Jambi, salah satu hutan yang dijadikan objek wisata adalah taman Nasional Bukit Duabelas yang dikenal sebagai salah satu hutan yang memiliki suku pedalaman yang biasa disebut dengan suku anak dalam.
Luas areal keseluruhan Taman Nasional ini sekitar 60.500 hektar dan merupakan habitat dari beberapa satwa langka Sumatera diantaranya adalah: lutra Sumatera, meong congkok, siamang,tapir, beruk, beruang madu, elang, kijang, ajag, kancil, dan berbagai spesies lainnya.

Taman Mini Jambi dan Taman Rimba

Taman Mini Jambi merupakan sebuah taman wisata yang mengadopsi konsep dari Taman mini Indonesia indah yang ada di Jakarta. Bila di TMII anda dapat menjumpai berbagai anjungan dari provinsi-provinsi yang ada di Indonesia, di Taman ini jambi anda akan menjumpai berbagai rumah adat dari 6 kabupaten yang ada di Provinsi Jambi

Tempat Wisata di Jambi
Selain Taman mini, ada juga kompleks lain yang disebut dengan taman Rimba. di taman Rimba ini anda dapat menjumpai berbagai flora dan fauna yang dilindungi. Kawasan ini merupakan salah satu lokasi diadakanya MTQ nasional pada tahun 1997, selain itu di kawasan taman Mini Jambi juga sering diadakan even-even kebudayaan serta berbagai festival dan perayaan. Objek wisata ini berlokasi di Jl. Sunaryo, Kecamatan Jambi Selatan.

Danau Belibis

Danau belibis merupakan sebuah danau indah yang ada di bawah lereng gunung Kerinci. Tersembunyi didalam hutan lebat, danau ini bagaikan mutiara terpendam yang masih belum terjamah modernisasi. kondisi alamnya masih alami dan terjaga. Nuansa keindahanya berkolaborasi dengan pemandangan gunung dan suasana udara yang sejuk, tak heran bila danau ini mulai banyak dikunjungi wisatawan.

Tempat Wisata di Jambi

Museum Negeri  Provinsi  Jambi

Museum ini berlokasi di Jalan Urip Sumoharjo No. 1, Telanai Pura, Jambi. Museum yang dibuka sejak tahun 1998 ini dibangun dengan arsitektur khas Jambi, bangunan ini mengadopsi rumah adat Jambi yaitu Rumah Kajang Lako. Di dalam bangunan seluas 4000m2 ini terdapat berbagaimacamkoleksi benda bersejarah. Tak kurang dari 2.800 koleksi dipamerkan dimuseum ini.

Tempat Wisata di Jambi
Koleksi-koleksi tersebut dikelompokan dan dipamerkan didalam beberaparuangan berbeda diantaranya adalah ruangan Khasanah budaya jambi yang memamerkan berbagaihalyang berhubungan dengan kebudayaan masyarakat Jambi. Mulai dari peralatan berburu sampai kain tenun khas jambi dipamerkan di ruangan ini.
Di sisi lain terdapat ruangan yang berisikan potensi kekayaan alam yang ada di Jambi dimana anda dapat menjumpai berbagai spesies hewan yang diawetkan yang merupakan hewan-hewan yang ditemukan di Provinsi Jambi. Di ruangan ini juga terdapat berbagai potongan kayudan pepohonan yang ada di Jambi. Bila anda ingin belajar dan mengenal lebih jauh mengenai budaya yang ada di provinsi jambi berkunjunglah keobjek wisata yang satu ini.
Itulah rekomendasi tempat wisata di Jambi dari kami,  semoga dapat menjadi informasi yang berguna bagi anda semua.

About the author

Admin
Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 komentar:

Random post

Test Footer

Your Comments

Template by Clairvo Yance
Copyright © 2012 Hello world and Blogger Themes.