9 Lagu Bertema Peperangan dan Perdamaian


Sembilan Lagu Bertema Peperangan dan Perdamaian.

1.    We will Not Go Down (song for Gaza) - Michael Heart
    Inilah lagu yang paling menyentuh rasa kemanusiaan kita. We Will Not Go Down (Michael Heart) adalah sebuah lagu yang diperuntukan bagi rakyat Palestina, khususnya di Jalur Gaza yang sangat menderita akibat invasi Israel dan sekutunya. Lagu ini bersifat universal sebagai dukungan kepada korban pelanggaran HAM dan korban perang. Dalam klipnya digambarkan bagaimana hancurnya rakyat Gaza akibat perang.

2. Wind of Change - Scorpions
    Scorpions adalah grup band berasal dari Jerman yang kerap menyoroti tema-tema sosial, politik dalam karya-karyanya. Seperti lagu Wind of Change yang dirilis tahun 1990. Lagu ini terinspirasi dari berakhirnya Perang Dingin dan merayakan berakhirnya Perestroyka. Dalam video klip lagu tersebut juga menyoroti anti perang, dimana terlihat rakyat Palestina yang terlihat sangat menderita. Scorpions juga menyoroti perusahaan minyak raksasa asal Amerika, Exxon yang menjadi pelaku dalam pencemaran laut dengan tumpahan minyaknya.

3. When the Children Cry - White Lion
    Lagu power balad yang rilis tahun 1988 ini menceritakan kesedihan dan kepedihan seorang anak yang lahir ke dunia yang semakin kejam, kejahatan merajalela dan menjadi korban perang. Dimana manusia saling membunuh. Lagu ini kerap diputar sebagai backsound berita televisi yang meliput Perang Irak tahun 2003.

4. Perdamaian – GIGI
    Di ranah dalam negeri, ada band GIGI, band papan atas indonesia, yang menyuarakan perdamaian. Lagu ini mengajak kita untuk menghindari segala bentuk perang dan mengajak kita untuk mencintai perdamaian.

5. We Want Peace - Lenny Kravitz
    Lagu “We Want Peace” milik Lenny Kravitz dirilis pada 2003 dan disaat yang sama bersamaan dengan invasi AS ke Iraq. Lagu ini sangat berarti pada saat itu, karena kita semua menentang semua bentuk invansi ke negara manapun dengan alasan apapun, terlebih lagi terhadap negara yang sudah merdeka dan berdaulat. Karena perbuatan tersebut sejatinya merupakan pelanggaran HAM.

6.  Imagine - John Lennon
    Lagu Imagine akrab ditelinga kita sebagai backsound berita mengenai peperangan, pertikaian, kerusuhan bahkan bencana alam dan lain sebagainya. Lagu Imagine dibawakan oleh John Lenon (personil The Beatles) pada tahun 1971. Lagu ini kira-kira menceritakan tentang semua orang hidup damai. Membayangkan jika di dunia ini tidak ada keserakahan dan kelaparan.

7.  Heal the World - Michael Jackson
    Dalam video klip lagu tersebut menggambarkan tentang kehidupan anak-anak yang hidup dan tinggal di negara-negara yang menderita kerusuhan. Bermain bola diantara tank-tank tempur. Sangat menyentuh dan membuat sedih. Lagu dari raja pop dunia, Michael Jackson (MJ), Heal The World juga mengajak seluruh orang untuk mencintai perdamaian dan bersatu untuk saling menyayangi. Tanpa ada permusuhan. Menyisihkan lebih banyak ruang di hati untuk “cinta”. Untuk generasi akan datang dan membuat dunia yang lebih baik.

8. Sunday Bloody Sunday – U2
    Lagu ini dirilis tahun 1983 dalam album War. Sunday Bloody Sunday terang-terangan mengkritik keadaan politik pada saat itu, yang menggambarkan kengerian yang terjadi di Irlandia Utara. Dimana pada saat itu terjadi insiden berdarah pada saat pasukan Inggris menembak para pengunjuk rasa dan warga sipil turut menjadi korban.

9. There You’ll Be – Faith Hill
    Lagu ini dinyanyikan oleh Faith Hill merupakan soundtrack film Pearl Harbour dan menjadi single yang hit ditahun 2001. Dalam video klip lagu tersebut menggambarkan suasana saat Jepang menyerang Pearl Harbour dalam Perang Dunia I.

About the author

Admin
Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 komentar:

Random post

Test Footer

Your Comments

Template by Clairvo Yance
Copyright © 2012 Hello world and Blogger Themes.