PAPUA

Berbicara mengenai tempat wisata di Papua, maka kita akan langsung membayangkan keindahan panorama alam yang ada di sana. Papua sebagai pulau yang berada di bagian paling timur Indonesia menyimpan berbagai keindahan eksotisme alam yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Akhir-akhir ini pemerintah Indonesia sedang gencar-gencarnya mempromosikan objek-objek wisata yang ada di Papua. Sudah mulai banyak wiatawan yang berkunjung ke Papua,bahkan Papua sudah menjadi salah satu destinasi wisata impian bagi masyarakat pecinta travelling di Indonesia. Artikel Travellesia kali ini akan membahas mengenai eksotisme tempat -tempat wisata di Papua. Tentunya kami berharap tulisan ini dapat meningkatkan minat para pembaca untuk berkunjung ke sana.

Raja Ampat


Tempat Wisata di Papua


Nama ini menjadi sangat terkenal akhir-akhir ini, tempat wisata ini menjadi salah satu tempat wisata yang diunggulkan oleh pemerintah setempat. Raja ampat merupakan kepulauan yang berlokasi di bagian barat Irian Jaya. Kawasan ini sudah diakui dunia sebagai surganya terumbu karang. Dengan kombinasi berbagai terumbu karang yang menghiasi alam bawah lautnya, raja ampat menjadi salah satu spot diving terbaik di dunia. Tak kurang dari 75% dari spesies terumbu karang yang ada di dunia dapat anda temukan di Raja Ampat. Bagi anda yang ingin merasakan menyelam di tengah keindahan panorama bawah laut Raja ampat, sebelumnya anda harus melakukan reservasi. Hal itu disebabkan oleh banyaknya wisatawan dari dalam maupun luar negeri yang ingin menyelam di sini, sehingga pengelola setempat telah menentukan jadwal penyelaman dan daftar antrian wisatawan. Meskipun harus menunggu, anda akan terpuaskan dengan eksotisme keindahan alam yang ditawarkan.
 
Danau Sentani

Tempat Wisata di Papua


Danau Sentani merupakan sebuah danau yang terbentuk dari proses vulkanik, berada sekitar 90 meter di atas permukaan laut dan terletak di kawasan pegunungan Cyclops. Danau ini merupakan danau terbesar yang ada di Provinsi Jayapura. Danau ini menawarkan nuansa pemandangan alam yang luar biasa. Anda dapat menikmati keindahan danau ini dengan menggunakan perahu yang disediakan di sekitar danau. Danau ini biasanya ramai dikunjungi wisatawan ketika digelar festival Danau Sentani yang diadakan pada sekitar bulan Juni setiap tahunnya.
Memang danau ini belum begitu terkenal di kalangan wisatawan. Namun, bagi anda yang ingin menikmati keindahan alam yang berbeda, kami sarankan anda untuk mengunjungi danau ini. Dijamin anda akan terpukau dengan eksotisme pemandangan alam di tempat ini.

Puncak Jaya Wijaya


Tempat Wisata di Papua


Puncak Jaya Wijaya merupakan salah satu dari 7 (seven summit) yang ada di dunia. Puncak ini menjadi salah satu lokasi paling diminati oleh para pecinta alam. Hal itu dikarenakan pada puncak Jaya Wijaya terdapat salju abadi yang berada pada ketinggian 4884 mdpl. Banyak wisatawan yang penasaran dan ingin melihat secara langsung puncak yang diselimuti salju tersebut, tak heran jika pegunungan ini masih menjadi salah satu lokasi wisata yang menjadi incaran para pecinta wisata alam.

Taman Nasional Lorentz


Tempat Wisata di Papua


Taman Nasional Lorentz merupakan taman nasional terluas se-asia tenggara. Taman ini sangat terkenal akan keanekaragaman hayati yang ada di dalamnya dan menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1999. Selain itu, di kawasan taman nasional ini juga terdapat berbagai suku pedalaman yang masih tinggal di dalam hutan di antaranya suku dani Barat, suku Nduga, Suku Amugene dan yang paling terkenal adalah suku asmat. Di kawasan taman nasional ini anda dapat menjumpai berbagai jenis tanaman dan hewan langka. Ada sekitar 630 spesies burung dan tak kurang dari 123 spesies mamalia yang hidup di kawasan ini. Sampai saat ini Taman Nasional Lorentz
Terus dikembangkan oleh pengelola bekerja sama dengan wwf (worl wild-life foundation)

Situs Purbakala Tapurarang


Tempat Wisata di Papua


Jika anda menginjakkan kaki di kawasan purbakala Tapurarang, anda akan merasa seperti berada di zaman pra-sejarah. Di sini anda dapat menjumpai berbagai peninggalan kuno seperti lukisan yang terdapat pada tebing-tebing di sekitar kawasan ini. Selain itu anda juga dapat melihat fosil-fosil, tengkorak dan tulang belulang manusia yang masih tersisa. Jika anda adalah pecinta wisata sejarah dan ingin menelusuri jejak pra-sejarah di Papua anda dapat mengunjungi Situs Purbakala Tapurarang
Yang ada di Andamata, fak-fak, Papua Barat.

Danau Paniai

Tempat Wisata di Papua


Danau ini telah diakui oleh 157 negara sebagai danau terindah di Dunia. Hal tersebut disepakati pada konferensi danau sedunia pada tahun 2007. Danau yang berlokasi di kabupaten paniai ini terkenal memiliki panorama alam yang luar biasa. Selain itu kealamian dan kelestarianya masih sangat terjaga. Air danau yang nampak biru lengkapdengan pemandangan dan suasana sekitar yang asri, menjadikanbanyak orang ingin berkunjung ke danau ini. Berbagai ikan air tawar hidup di danau ini sehingga menjadikan danau ini sebagai spot memancing terbaik di papua. Andajuga bisa menyusuri danau dengan menggunakan perahu untukelihat keindahan danau secaralebih dekat. Berbagai aktivitas lain seperti berenang dan camping dapat anda lakukan di kawasan ini.

Festival Budaya

Selain terkenal akan keindahan alamnya, Papua juga terkenal akan kebudayaannya yang unik. Hal tersebut yang kemudian dimanfaatkan dan dikembangkan oleh pemerintah sekitar untuk menarik wisatawan datang ke Papua. Salah satu caranya adalah dengan mengadakan berbagai festival kebudayaan di Papua. Berikut kami berikan rangkuman mengenai beberapa festival budaya yang selalu diadakan di Papua setiap tahunnya :

Festival Asmat

Festival ini selalu diadakan pada awal bulan oktober. Festival ini merupakan salah satu pesta budaya yang dirancang untuk memperkenalkan kebudayaan asmat. Pada event ini, berbagai karya seni dan kebudayaan asmat dipamerkan. Pada akhir acara, biasanya akan dilakukan pelelangan terhadap karya seni terbaik yang ada di festival ini.

Festival Maritim Raja Ampat

Festival ini merupakan salah satu festival bahari yang diadakan di raja Ampat. Pada festival ini biasanya diadakan berbagai lomba seperti lomba fotografi, perahu dayung, voli pantai, dan berbagai kegiatan perlombaan lainnya. Di festival ini anda juga dapat mencicipi berbagai kuliner khas Papua seperti papeda, ulat sagu, dan berbagai makanan seafood.

Festival Danau Sentani

Festival Danau Sentani diadakan pada sekitar bulan Juni setiap tahunnya. Festival ini merupakan salah satu festival budaya akbar yang diadakan di kawasan Danau Sentani. Berbagai kesenian dan tarian khas Papua dipertunjukkan dalam festival ini.

About the author

Admin
Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 komentar:

Random post

Test Footer

Your Comments

Template by Clairvo Yance
Copyright © 2012 Hello world and Blogger Themes.